Monday, July 13, 2015

Notepad ++, Source Code Editor Gratis


Notepad++


Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh !

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Subhanahu wata'ala yang Maha Kaya akan Ilmu-Nya. Shalawat mari kita sampaikan kepada Nabi Muhammad Shallahu 'alaihi wassalam, mudah-mudahan kita mendapatkan syafa'at Beliau nanti. Aamiin.

Postingan kali ini penulis mengulas salah satu software yang cukup populer dikalangan programmer, yaitu Notepad++. Software ini merupakan aplikasi gratis untuk editor kode program atau source code. Selain itu fungsi software ini juga tidak jauh beda dari notepad bawaan windows. Namun notepad++ memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan notepad bawaan windows. Salah satu kelebihannya adalah notepad++ memiliki penomoran dalam setiap barisnya, yang tentunya hal ini akan memudahkan programmer dalam mencari kesalahan yang ada dalam programnya tersebut. Silahkan untuk download software nya di sini : Download

Baik, penulis beranggapan pembaca sudah men-download dan meng-install aplikasi tersebut. Selanjutnya silahkan anda membuka aplikasi notepad++ nya. Tampilannya seperti ini :
Tampilan awal notepad++
Terlihat file change.log yang terbuka, file tersebut berisikan informasi aplikasi dan fitur dari notepad++. Jika sudah dibaca, silahkan close saja. Seharusnya jika sudah anda close secara otomatis file new1 akan terbentuk. Seperti gambar : 
File new1 akan otomatis terbentuk jika tidak ada file lain yang dibuka notepad++

Berikut beberapa tips dalam menggunakan notepad++ :
  • Mengganti warna background dan style tulisan sesuai bahasa program yang dipilih
1. Menu Settings -> Style configurator

2. Select theme yang diinginkan


3. Select languange yang diingkan
4. Save & Close
Tampilan setelah melakukan style configuration
  • Menyeleksi dengan "box selection"
1. Tahan tombol ALT di keyboard
2. Klik kiri di mouse dan tarik bagian yang ingin diseleksi
Bagian yang terseleksi dengan cara box selection
  • Membagi tampilan menjadi dua 

Jika anda mempunyai dua file dan anda ingin melihat kedua file tersebut secara bersamaan dalam satu tampilan, maka berikut caranya :

1. Klik kanan di salah satu file, misalnya : klik kanan di tab file new2
2. Lalu pilih "move to other view"

3. Maka tampilan notepad++ anda akan seperti ini :


Baiklah, demikian yang bisa penulis utarakan. Lebih dan kurang mohon dimaafkan. Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.





No comments:

Post a Comment